Saturday 14 February 2015

Cara Menambah Akselerasi Yamaha New Vixion Lightning

Jika Anda mempunyai motor Yamaha New Vixion  Lightning keluaran seperti gambar diartikel saya ini dan Anda ingin menambah akselerasi Yamaha New Vixion Lightning Anda tambah kencang. Untuk modif harian, anda bisa melakukan modif di beberapa sektor yang akan saya sebutkan. Dengan menggunakan kapasitas mesin 150cc SOHC 4 Valve, yang mampu mengeluarkan power maksimum 12.2 kW (16,59 PS) / 8500 rpm, dan memiliki torsi maksimum sebesar 14.5 Nm (14.8 kgf-m) / 7500 rpm. Berkat spesifikasi mesin seperti itu, motor ini mampu berakselerasi cepat yakni untuk mencapai kecepatan 0 - 60 km/jam cuma dibutuhkan waktu 4,1 detik saja. Saat dilakukan uji kecepatan, motor ini ternyata sanggup mencapai kecepatan 134 km/jam.
Meski dalam keadaan cepat, motor ini masih tetap nyaman dan juga stabil. Walaupun kapasitas mesin sudah cukup besar, beberapa orang mungkin akselerasi motor ini dirasa kurang memuaskan. Jika demikian, maka satu satunya jalan adalah dengan cara  menambah akselerasi Yamaha New Vixion Lightning keluaran terbaru tersebut. Untuk modif harian, anda bisa melakukan modif di beberapa sektor, dibawah ini adalah cara menambah akselerasi Yamaha New Vixion Lightning :

1. Knalpot
Bagi sebagian orang pasti paham, jika mengganti knalpot standar dengan knalpot racing adalah yang paling mudah didalam cara meningkatkan performa sepeda motor, termasuk juga Yamaha New Vixion ini. Pilihannya ada pada knalpot R9, AHRS, NOBI maupun TDR. Menurut pengalaman saya, menggunakan knalpot NOBI, tarikan motor ini menjadi lebih responsif dibandingkan dengan menggunakan knalpot standar. Ini terjadi akibat bobot knalpot yang lebih ringan (tanpa catalyzer) dan pembuangan gas buang yang lebih leluasa.
2. Kelistrikan
Pada bagian kelistrikan ini, penggantian yang perlu dilakukan pada Yamaha New Vixion Lightning ini adalah pada bagian ECU yang diganti menggunakan ECU BRT, lalu ada koil yang diganti menggunakan coil racing seperti merek Protec, lalu yang terakhir adalah penggantian busi yang diganti menggunakan busi jenis iridium. Penggantian part-part tersebut cukup menambah akselerasi Yamaha New Vixion Lightning ini hingga lebih dari 1dk (estimasi).
3. Kopling
Cara menambah akselerasi motor ini yaitu pada kampas kopling standar diganti menggunakan kampas kopling milik Ninja 2 Tak. Lalu untuk per kopling diganti menggunakan punya Honda Tiger. Nah, dengan menerapkan cara ini dijamin tarikan Yamaha New Vixion Lightning akan lebih ngacir.
4. Setel Injeksi/ECU
Ini merupakan cara sebenarnya susah susah gampang. Menggunakan ECU standar, anda cukup menyetel ECU yang terhubung dengan injeksi. Jadi penyetelan dilakukan untuk menentukan kebutuhan udara dan bahan bakar yang dikeluarkan. Singkatnya adalah setel CO. Penyetelan ini menggunakan alat yang bernama FI diagnostic Tool. Karena harganya yang mahal, anda dapat menyuruh bengkel resmi motor Yamaha untuk menyetelnya. Coba turunkan dan naikkan setelan CO untuk mendapatkan tenaga yang maksimal.

Demikianlah info tentang cara menambah akselerasi Yamaha New Vixion Lightning dari saya semoga dapat menjadikan motor kesayangan Anda akan semakin kencang dan tentunya lebih responsif.


1 komentar:

  1. Suara motor ini jadi Beda & Keren gara-gara alat ini. Pengen motor kamu jadi keren, info lengkap klik --> Sound Booster Motor

    ReplyDelete