Saturday 14 February 2015

Tips Upgrade Performa Yamaha New Vixion Lightning Tanpa Bore Up

Berdasarkan info yang saya dapat dari M-Plus, bahwa harus diakui desain New Vixion Lightning (NVL) memang keren dan sporty. Performanya pun boleh diacungi jempol. Dari hasil tes performa di atas mesin DynoMite keluaran Amerika milik Ultraspeed Racing (USR) di Jl. Panjang No.1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Yamaha New Vixion mampu mencatat power maksimum sebesar 14,55 dk di RPM 9.000-an. Dan torsinya mencapai 12,58 Nm di 7.000 rpm.Gak heran kalau motor ini sukses merajai pasar sport Tanah Air. Rata-rata penyukanya kawula muda yang suka gaya dan kecepatan. Tapi, tak sedikit juga lho yang masih belum puas dengan performa standarnya. Buktinya di jalan banyak ditemui Yamaha New Vixion yang sudah dioprek sana-sini. Malah ada yang sampai menerapkan bore up gila-gilaan. Aplikasi WRX 3 oval, rpm bisa teriak tinggi
Saya jadi ingin menerapkan informasinya dari M-Plus Ke motor Yamaha Vixion lightning nya neh. Soalnya meski terbilang baru, part variasi performanya buat Vixion Lightning ini mulai banyak ditemui di pasaran. Namun buat yang enggan gedein kapasitas mesin tapi ingin performa akselerasi Vixion Lightning kesayangan lebih ngacir, ada cara yang simple nih. Vixion Lightning cuma perlu ganti beberapa komponen saja. Itu pun pemasangannya bolt on tanpa perlu bongkar mesin. Memang sih peningkatan New Vixion Lightning peak powernya tidak terlalu signifikan, hanya sekitar 0,62 hp. Yakni, jadi 15,17 hp/ 9.500 rpm. Torsinya pun cuma naik sebanyak 0,42 Nm. Namun kalau dilihat dari grafik hasil dynonya, tenaga dan torsi sudah terkerek sejak putaran bawah. ECU stand alone aRacer RC1, kaya fitur cerdas.
Saat saya jajal akselerasi motor New Vixion Lightning ini di jalan, tarikan awal terasa sangat beda. Lebih cepat dari standarnya. Terus, mulai di 6.500 rpm, entakan tenaga seperti ngejambak hingga putaran atas. Napas mesin pun lebih panjang. Takometer bisa sampai mentok lho yang berimbas top speed nambah. Untuk capai jarak 402 meter hanya 15,3 detik (standar 18,5 detik). Untuk bisa seperti itu, cukup aplikasi ECU stand alone dan knalpot free flow. Produk yang diuji di New Vixion Lightning adalah aRacer RC1 dan saluran gas buang WRX tipe 3 Oval berbanderol 1,2 juta. Jika masih merasa kurang juga coba ganti Kampas Kopling dan Per Kopling Racing merek BRT, dijamin bisa ninggalin motor motor untuk sekelasnya tanpa harus bore up mesin dehhh.... Anda mau coba di motor Yamaha New Vixion milik Anda ?? 

Data Standar Yamaha New Vixion Lightning
RPM         Power (Hp)      Torsi (Nm)
6.000       9.599                11.3
6.500       11.3                  12.27
7.000       12.4                  12.58
7.500       13.18                12.41
8.000       13.74                12.23
8.500       14.29                11.95
9.000       14.55                11.51
9.500       14.51                10.84
10.000     14.3                  10.15
10.500     4.217                2.881

Data Upgrade Yamaha New Vixion Lightning
RPM         Power (Hp)       Torsi (Nm)
6.000       9.778                11.55   
6.500       11.27                12.25   
7.000       12.63                12.84   
7.500       13.79                12.97   
8.000       14.39                12.77   
8.500       14.91                12.4   
9.000       15.14                11.88   
9.500       15.17                11.31   
10.000     15.05                10.72   
10.500     14.78                 9.983

0 komentar:

Post a Comment