Thursday 5 December 2013

Top Speed Suzuki Satria 150FU vs Honda CBR 150R

Disini saya akan memberikan informasi tentang top speed Suzuki Satria 150FU vs Honda CBR 150R. Bro dan sis sekalian pasti banyak yang penasaran, menang mana sih kira-kira jika keduanya diadu head to head. Statusnya yang sama-sama DOHC 4 klep 150cc membuat siapa pun gatal untuk menggali kemampuan masing-masing itu motor. Sayang walau sudah mencicipi, saya belum pernah menyandingkan keduanya fight secara terbuka.
Dan akhirnya teman kerjaku berbagi pengalaman, info, serta pinjaman motornya untuk dites, doi adalah teman kerjaku yang penunggang Honda CBR150R PGM-FI. Soal motor temanku cukup open dan tidak fanatik. Terbukti dalam keseharian, Dia lebih sering menunggang Jupiter MX nya ketimbang sifairing. Ketika aku tanya, alasannya simpel katanya ergonomi riding CBR kurang bersahabat digunakan menembus padatnya lalu lintas jalan raya sekarang ini. “Enak MX bro, selain tidak pegel, torsinya gede lagi, terus lincah buat nyelap-nyelip!” katanya penuh dengan kejujuran. Sedangkan CBR 150R hanya digunakan sesekali untuk menemani si Jupiter MX nya itu, Yah ibaratnya sebagai tandem brosis. Mengingat umur motor Honda tersebut masih sekitar 2 bulan, saya coba korek pengalamanya dari temanku itu.
Menurutnya, komsumsi BBM Honda CBR150R ternyata cukup irit, mampu pada kisaran 1:38km (max speed 60km/h stabil). Kemudian untuk tenaga, nafasnya panjang banget. Pergiginya bisa dipanteng hingga 11,000RPM. Kata temanku ”tenaga atasnya yang mantap bro, saya puas banget powernya CBR 150R. kalau sudah teriak tenaganya terus ngisi”. Dan pada kesempatan itu pula dia mengajakku untuk adu sprint race melawan Satria 150FU punya adiknya yang masih standar dan berumur 1 tahun.
Start mulai dari bundaran H.Mena Rajabasa dan finisnya menuju arah bundaran Plaza Pos Tanjung Karang, motor engine generasi FXR150 tersebut memang sengaja seperti ingin mengetes kemampuan kekuatan kuda besi buatan Honda tersebut. Selepas putaran bundaran H.Mena kami sama-sama tancap gas. Pada jam 1 malam, jalan besar Rajabasa memang cukup lengang. Pada gear satu langsung betot gas hingga mentok, posisi Suzuki Satria 150FU (standar) yang aku jokiin, langsung ada didepan motor Honda CBR 150R yang dijokiin temanku itu. “Tarikan awal Satria 150FU memang kencang. Gigi 1, 2, 3, 4 dan gear 5 Satria 150FU unggul. Masuk gear 6, baru mulai motor Suzuki Satria 150FU ditempel Honda CBR 150R. Satria 150FU bersih bisa disalip ketika masuk kecepatan sekitar 130km/h (di speedometer Satria 150FU), tapi kata temanku di spedometer CBR 150R yang dijokiinnya itu menunjukkan angka 145km/h. Masuk gear 6 makin jauh Suzuki Satria 150FU yang saya jokiin itu kayaknya sudah kehabisan nafas. Waktu mau finis di bundaran Plaza Pos saya melirik speedometer Satria 150FU menunjukkan sekitar 145,6km/h, sedangkan top speed CBR150R yang dijokiin temanku itu 157km/jam, perbandingan jarak antara Suzuki Satria 150FU dengan Honda CBR 150R kira-kira 5 meter gitu bro.
Puas bener saya, asli puas banget bisa adu sprint race antara Suzuki Satria vs Honda CBR 150R, seru banget pokoknya, tapi sayang tidak ada juru kameranya untuk menyimpan moment yang sangat menegangkan tersebut. Menurut temanku dalam drama adu sprint race, dia open throttle nya juga natural tanpa menggunakan teknik selip kopling. Padahal bisa cepat mengail RPM tinggi kalau hal itu dilakukan. Otomatis tarikan makin mantap, dan kedua joki sudah sama-sama nunduk untuk mengurangi efek benturan angin dari depan. Jarak rute memang lumayan panjang sekitar 4 km.
Jadi dari pengalamanku ini, kita setidaknya ada gambaran, tentang mana yang unggul antara Honda CBR150R versus Suzuki Satria 150FU ?. Namun jika kurang percaya, silahkan dibuktikan sendiri (saya  mah percaya bro, ya aku juga sudah nyobain keduanya ). Honda sepertinya memang sengaja menyeting mesin CBR150R pada karakter overbore. Jadi untuk kubikasi sekelasnya, walau kurang mantap pada putaran bawah, tapi top speed CBR150R adalah rajanya. Karakter mesin ini dipertahankan sejak era Honda Sonic yang nyomot basis engine CBR125. Jadi masih ada yang menyebut Honda CBR150R lemot ?. kudu dilihat dulu, apa arti lemot disini. (KL Community).




0 komentar:

Post a Comment